SUMINAR HOMES


Rumah batik suminar adalah rumah batik Bollches khas kediri yang berdiri pada tahun 1980 di Kota Kediri diprakarsai oleh Ibu Dra. Suminarwati Sundoro
dengan menggali nilai-nilai seni dan tradisi budaya setempat. Salah satu ciri khas dari Motif Bolleches ini adalah titik-titik (bolleches = titik : Bhs. Belanda) yang menjadi latar belakang dari motif Batik Kediri. Batik Bollches ini memiliki beberapa motif seperti Motif Buah Anggur, Motif Mangga Podang, Motif Simpang Lima Gumul, MotifBambu, Motif Gunung Kelud, Motif Maria Lordhes dan masih banyak motif yang lainnya. Apabila kita lihat sekilas, motif Batik Bolleches khas Kota Kediri ini banyak dipengaruhi oleh desain Batik Madura dan desain Batik Pantai Utara Jawa. Motif dan coraknya tidak terlalu terikat oleh pakem sebagaimana Batik Jogja atau Batik Solo.

Motifnya seringkali mempergunakan pola-pola gambar natural yang menjadi ciri khas Batik Pantai Utara. Sedangkan warna-warna yang digoreskan dalam desain batik cenderung mendekati Motif Batik Madura, yakni mempergunakan warna-warna yang eksotis. Rumah batik Suminar merupakan pelopor batik Kota Kediri. Tujuannya adalah untuk melestarikan budaya Indonesia agar tidak ditelan oleh budaya-budaya asing karena Indonesia adalah sebagai “ Pewaris Tunggal Budaya Batik” yang telah diakui keberadaannya oleh UNESCO pada tahun 2009.

Selain itu, rumah batik Suminar juga ingin memperkenalkan Kota Kediri yang kaya akan budayanya. Harapan untuk ke depannya agar supaya ikut berpartisipasi memperkaya motif batik Indonesia. Produk-produk Rumah Batik Suminar selain bahan kain Motif Batik Bolleches Khas Kediri juga menyediakan aneka ragam Batik Nusantara seperti Batik Madura, Batik Tanjung Bumi, Batik Donggala, Batik Kalimantan, Batik Jogjakarta, Batik Solo, Batik Pekalongan, Batik Bali, Batik Papua, Batik Kerawang, Batik Manado dan lain-lain. Rumah Batik Suminar juga melayani motif lukis, bordir kain, pembuatan busana wanita, dan seragam kantor.

0 komentar:

Posting Komentar

| Copyright © 2010 | Medis POMOSDA - Shodiqnote.blogspot.com

Template by Odi Cellular |